IMG_1729WANAHERANG – Menyambut Bulan Ramadhan 1434 H, Yayasan Sahabat Mardhotillah, mengadakan bakti sosial pengobatan gratis dan bazaar beras murah untuk masyarakat yang membutuhkan di Kampung Jampang, Wanaherang, Gunung Putri, Bogor. Kegiatan dilaksanakan, Sabtu, 6 Juli 2013.

Tim medis yang ikut berpartisipasi dalam baksos kali ini adalah dr. Dona Suzana dari Klinik Shareeah, dr. Agung dari RST Dompet Dhuafa, Bidan Hetty dan staf Farmasi Zahra dari LKC Dompet Dhuafa. Selain itu, tim Klinik Shareeah juga menurunkan 2 terapis bekam dan herbalist untuk kegiatan ini.

Ada 70 warga yang diperiksa kesehatannya kali ini, dan 3 orang pasien yang ditemukan memiliki penyakit spesifik yang harus mendapatkan penanganan lanjutan. Pasien tersebut diantaranya menderita syaraf kejepit dan lumpuh selama 3 tahun, Lepra dan Katarak.

Menurut dr. Agung yang memeriksa kesehatan pasien lumpuh, kemungkinan untuk bisa jalan kembali sangat kecil karena sudah 3 tahun dibiarkan lumpuh dan tidak diobati ke rumah sakit sehingga pasien tidak mendapat fisioterapi melatih syaraf kakinya.

Namun demikian, dr. Agung tetap menyarankan agar pasien tersebut diikutkan skema kememberan Dompet Dhuafa agar mendapat perawatan di RST Dompet Dhuafa secara gratis. Saat itu Ketua RT setempat berjanji akan membantu pengurusan administrasinya, seperti Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sampai ke kelurahan yang diperlukan untuk syarat awal menjadi member Dompet Dhuafa.

IMG00542-20130706-1343Selain pasien lumpuh, juga ditemukan pasien yang berkemungkinan terkena lepra sehingga ada pembengkakkan di sana sini. Untuk ini Dr. Dona juga menyarankan pasien untuk berobat ke rumah sakit secara intensif. Karena pasien juga dari kalangan tidak mampu maka akan diusahakan oleh Yayasan untuk mengikuti skema kememberan Dompet Dhuafa.

Selanjutnya orang tua yang terkena katarak dan merindukan membaca Al Quran di bulan Ramadhan. Orang tua ini juga akan diikutkan mekanisme kememberan di Dompet Dhuafa agar mendapatkan operasi katarak gratis.

Ketiga pasien khusus ini, sedang diiniasi oleh ketua RT setempat untuk pengurusannya SKTM nya. “Kami akan bantu mengurus SKTM untuk mereka, ” ujar RT.

Selain 70 Warga yang datang ke Posko Pengobatan Gratis yang menerima manfaat, baksos juga melakukan homecare bersama dr. Agung, ke rumah dua pasien yang tidak bisa datang ke lokasi karena pasien tersebut lumpuh dan sakit berat.

DSC07170Selain baksos kesehatan, juga diadakan bazar murah dengan menjual beras seharga Rp10.000 untuk 2 liter kepada masyarakat. Aksi ini sangat mendapat sambutan dari masyarakat setempat, dalam waktu beberapa saat beras-beras tersebut sudah habis terjual. Alhamdulillah.

DSC07169Sri Suparti selaku PJ Pelaksana Baksos menyampaikan trimakasih kepada Allah SWT, LKC Dompet Dhuafa yang menyumbangkan obat dan tim, RST Dompet Dhuafa, MT Telkomsel, Klinik Shareeah Cimanggis Depok, rekan-rekan PIRAC, Kak Ana, Indah dkk, Ibu Slamet, Dimas, Mba Yanti, Bang Iswed, Pak Darso, Mas Mapri dan seluruh Crew Yayasan Sahabat Mardhotillah serta panitia setempat.

“Trimakasih dan Allah SWT saja sebaik-baik pemberi balasan dengan rahmatNya tak terhingga,” kata Sri yang juga Bendahara Yayasan Sahabat Mardhotillah.