HTC EVO 4G Akan Jadi Raja di Ponsel Android ?

Saat ini, bisa jadi kita berada di persimpangan jalan, antara 3G dan 4G dalam teknologi selular. Kita sudah memasuki era teknologi generasi keempat. Banyak perusahaan selular yang mulai mengarah ke sana. Seperti kita baca di Wikipedia Sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Ponsel 4G akan menggunakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau.

Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Semua jenis radio transmisi seperti GSM, TDMA, EDGE, CDMA 2G, 2.5G akan dapat digunakan, dan dapat berintegrasi dengan mudah dengan radio yang di operasikan tanpa lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4GHz & 5-5.8Ghz, bluetooth dan selular. Integrasi voice dan data dalam channel yang sama. Integrasi voice dan data aplikasi SIP-enabled.

Salahsatu perusahaan yang melakukan langkah-langkah evolusioner itu adalah HTC. Bergandengan dengan Sprint untuk menghadirkan HTC EVO 4G. Sebagai ponsel 4G, tentu memiliki kelebihan dari ponsel 3G yang sudah merakyat. HTC EVO4G membuat pengalaman berhandphone yang menyegarkan.

Sekilas, HTC EVO 4G terlihat sangat mirip dalam hal desain dengan HTC HD2. Sementara HD2 sendiri sudah dianggap raja di arena ponsel yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile. Akan tetapi EVO muncul, dimaksudkan juga menjadi raja di arena ponsel, tapi bukan di arena ponsel berbasis Windows melainkan di arena Android.

Mungkin sebelumnya kita menyangka bahwa HTC Nexus One sudah menjadi yang terunggul di handset Android , tapi kehadiran HTC EVO 4G merupakan sebuah pukulan karena mampu menghadirkan lebih baik lagi.

Ukuran layar hanya 4.3 “LCD touchscreen”, ini tidak mengejutkan kita, karena agak sama dengan LCD ponsel lainnya. Namun kelebihannya, meskipun tidak AMOLED, tampilan warna terlihat sangat menyegarkan dengan resolusi 480×800. Layar kelihatan terang dan sangat responsif ketika melakukan navigasi.

Mirip dengan touchscreen HTC raksasa HD2 , masih terlihat sangat efisien dan tidak menambah ketebalan bingkai . Ada yang empuk menyentuh perasaan Anda ketika Anda memegang smartphone ini, karena desain industri dibuat lebih jelas yang ditutupi dengan casing berwarna hitam.

Anehnya, perangkat ini kelihatan berat, akan tetapi ketika berada digenggaman Anda, akan terasa ringan. Inilah sedikit tipuan desain dari EVO 4G. Spesifikasi lain adalah kamera 1,3 megapiksel, 8-megapiksel dengan flash, 720p video capture, 1GB ROM, 512MB RAM, HDMI output, dan tentu saja para 4G/3G konektivitas.

Seperti yang dikutip dari PhoneArena.com, HTC EVO 4G ini terlihat dipamerkan dalam CTIA 2010, Las Vegas. Belum ada informasi harga dan kapan dijual ke publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.