Google Buzz akan Saingi Facebook?

Hari ini kelihatan berbeda tampilan free email dari Google, Gmail. ia menambahkan fitur Buzz, di mana setiap pengguna Gmail langsung terhubung dengan kontaknya yang juga menggunakan Gmail. Di sini para pengguna dapat ,berdiskusi layaknya forum diskusi. Tapi juga bisa digunakan untuk mengupdate status.
Kayaknya Google memang tidak pernah berhenti berinovasi. Setelah meluncurnya Google Wave yang juga menghubungkan antara pengguna gmail bahkan bisa melalui streaming langsung, Buzz malah lebih praktis dan gampang digunakan. Secara langsung antara pengguna gmail yang ada di kontak secara otomatis sudah dapat melakukan komunikasi dua arah layaknya chat di GTalk.
Satu hal yang menjadi pertanyaan dari beberapa pengguna Buzz adalah, apakah nasib Buzz ini akan sama dengan Google Wave meski interaktif tapi tidak begitu populer. Dari respon pengguna kayaknya jauh berbeda, karena Google Wave dipisahkan dengan fitur di Gmail meski ada di barisan kanal. Sementara Buzz langsung berada di bawah inbox masing-masing pengguna Gmail. Dengan arti kata, selain cek email, pengguna dengan gampang mengetahui topik diskusi atau status teman.
Pertanyaan lain, apakah Buzz akan gampang diakses di mobile device? Perntanyaak ini tentu akan segera dijawab oleh Google, kalau Google telah meluncurkan produk atau fitur baru biasanya ia membuatkan sebuah widget untuk mobile seperti Google Map, Gooogle Mobile, Google Desktop dan lainnya. Apalagi kemudahan dari Google Buzz ini secara otomatis pemilik account Gmail sudah tersambung dengan teman lainnya yang juga memiliki account Gmail.
Nah, masalah terbesar di sini mungkin bukan masalah fitur dan penunjangnya. Masalahnya adalah Quota yang diberikan Google untuk pengguna Gmail tidaklah begitu besar hanya 7,5 GB, sementara dapat dipastikan quota ini akan cepat habis ketika Buzz juga memberikan notifikasi ke email. Jadi setiap update status dari teman beserta komentar-komentarnya akan muncul di inbox. Nah, hal ini lama kelamaan tentu akan membuat quota akan habis terpakai.
Namun demikian tentunya Google sudah memikirkan itu, dengan layanan Pop Mail, email yang di Gmail harus didownload ke desktop melalui Outlook, Thunderbird dll. Sehingga kuota akan tetap aman. Nah karena prinsipnya dan cara kerja dari Buzz ini sama dengan Facebook, apakah ia akan berhasil menyaingi kepopuleran Facebook, kita tunggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.