Sality oh Sality

Hari ini hampir dihabiskan hariku oleh Virus yang bernama W32.Sality, yang tanpa perasaan sudah menghapus seluruh file exe di Windows XP di laptopku. Semula memang ragu menggunakan produk Bill Gates ini. Akan tetapi karena klien lebih banyak menggunakan file pdf yang diberi note ketika mengoreksi tulisan-tulisan tentang perusahaan mereka, akhirnya akupun install XP berdampingan dengan Ubuntu Iterpid Ibex 8.10.

Setelah menanyakan persoalanku ke Mbah Google, ternyata banyak orang yang bernasib sama denganku. Bukan saja PC atau Notebook yang dihajar oleh si Sality yang bernama cantik tapi tukang jagal ini. Server salahsatu perusahaan besar pun dibantainya. Berkat pengalaman-pengalaman merekalah akhirnya aku mencoba berbagai jurus yang diajarkan kawan-kawan netters yang telah mengalami persoalan yang sama.

Akhirnya si Sality di laptopku tewas juga (nggak tahu Sality di tempat lain). Puaskah aku? Belum, masih ada satu pekerjaan lain menunggu, memperbaiki seluruh file exe yang sudah dimutilasi oleh Salyti, penjagal dari dunia antah berantah ini. Tanya lagi mbah Google, banyak jawaban. Namun agaknya jalan yang ditunjukan berliku-liku. Akhirnya terpaksa install ulang aplikasi yang diperlukan. Memang menguras tenaga pikiran dan waktu. Klien tak mau tahu, sms, email, telepon tetap saja meminta perbaikan dari tulisan-tulisan yang sudah dikirimkan.

Under preasure seharian. Hingga tulisan ini diturunkan, perkembangan yang terjadi sudah menggembirakan. Aplikasi yang dibutuhkan sudah terinstall kembali. Sekarang lagi mencoba memasang pagar berlapis-lapis agar si Sality dan saudara-saudaranya tidak lagi masuk memutilasi file exe di komputerku.

Urusan dengan Sality selesai, saatnya sekarang kembali ke pekerjaan yang terambangkan. Sality oh sality semoga kau tak kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.