Harga BBM Turun :Kebijakan Setengah Hatikah?

Pemerintah secara mendadak mengumumkan turunnya harga BBM (15/12/2008).  Tapi banyak kalangan meragukan kebijakan itu. Gugatan atas penetapan harga BBM juga disampaikan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Partai oposisi ini menangkap ada ketidakjujuran dari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla dalam keputusan untuk menurunkan harga premium dari Rp 5.500 menjadi Rp 5.000 dan solar dari Rp 5.500 menjadi Rp 4.800 per liter.

Berdasarkan data yang diperoleh Fraksi PDI-P dari berbagai sumber, termasuk Pertamina, harga premium seharusnya dapat ditekan hingga Rp 3.570 per liter. ”Kok tega-teganya pemerintah mengambil keuntungan di tengah kondisi masyarakat yang sulit,” kata Ketua Fraksi PDI-P Tjahjo Kumolo dalam konferensi pers di Gedung DPR, kemarin. (Kompas, 16 Desember 2008).

Rumit memang kalau kebijakan terkesan instan. Kalau harga BBM dibiarkan melambung dampak sosial akan berkelanjutan. Akan tetapi bila diturun –namun setengah hati– tentu tidak akan memperbaiki keadaan. Secara kasat mata di balik penurunan harga BBM ini terlihat unsur politis yang kental dan memang setiap kebijakan pemerintah sudah jelas sebagai unsur politis. Apa kebijakan-kebijakan mengejutkan seperti ini akan hadir sampai Pemilu 2009?

Dengan berbaik sangka, tentu kebijakan ini sedikit-banyaknya adalah upaya pemerintah memperhatikan kondisi masyarakat yang sudah sesak napas dengan melambungnya harga-harga dari dampak kenaikan harga BBM tempo hari.Tapi keraguan demi keraguan tentu jelas ada seperti yang disampaikan Fraksi PDI P di DPR itu. Harga minyak dunia yang anjlok seharusnya dapat menekan harga BBM yang sudah terlanjur dinaikkan.

Masalahnya apakah penurunan yang diumumkan pemerintah akan mampu juga menurunkan harga-harga yang telah terlanjur naik? Begitu juga apa ada jaminan akan ketersediaan bahan bakar itu. Karena di beberapa tempat masih ada yang merasakan kelangkaan BBM.

One thought on “Harga BBM Turun :Kebijakan Setengah Hatikah?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.