Tentang Pengeras Suara

Setiap waktu shalat tiba, dari setiap mesjid berkumandang suara azan. Suara bergema ke seluruh kampung. Itu sudah biasa, orang menyebutnya syiar Islam. Namun di luar waktu shalat tiba –azan– akan tetapi mesjid juga bergema, nyanyian salawat, ceramah agama, kasidahan, marawis dan sebagainya juga bergema dari pengeras suara mesjid. Hal ini membuat beberapa orang merasa tak nyaman mendengarnya.

Benarkah cara syiar Islam  seperti itu? Pertanyaan itu dilontarkan anggota masyarakat kepada saya. Saya pun tak habis pikir dan agak bingung menjawabnya. Setahu saya cara-cara syiar Islam yang dilakukan di mesjid-mesjid sekarang tidak ada contoh dari Rasulullah dan tidak ada pula diperintahkan. Kalau itu dikatakan sebagai ibadah mungkin Rasulullah sudah memerintahkannya. Memang di zaman Rasulullah tidak ada pengeras suara, tetapi muazin azan dari atas menara. Dan tak ada satu kisahpun –yang saya baca– adanya orang yang bersalawat dari atas menara, bernyanyi atau bersalawat. Rasulullah mencontohkan bagaimana menghormati umat beragama lain, lihat saja kisah pembelaan Rasulullah dan sahabatnya terhadap orang non muslim di Medinah. Rasulullah mengharamkan darah –tidak boleh membunuh–  mereka.

Di Indonesia ini, kita hidup heterogen. Di samping kaum muslim ada umat yang lain. Kegaduhan pengeras suara di mesjid di suatu kampung sungguh  akan mengganggu kenyamanan umat lain. Mungkin kalau azan mereka dapat bertoleransi, tapi kalau yang lainnya dan itu bukan sebagai ibadah wajib sudah selayaknya tidak pakai pengeras suara. Ibadah merupakan suatu upaya kita mencari keridhoan Allah SWT, sebaiknya yang tahu kita beribadah kita dan Allah SWT saja. Tidak perlu kita beribadah apakah namanya salawat, doa dll harus didengarkan ke manusia lain atawa pakai pengeras suara. Bukankah itu ria namanya. Padahal Allah SWT dekat, Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Allah bukan Tuhan yang tuli, tanpa pengeras suara pun Ia akan mendengarkan  dan tahu apa yang kita doa dan lakukan. Wallahu’alambisawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.