Obrolan Meja Makan

Malam kemarin, suatu kebahagiaan olehku makan bersama Paman Tyo. Aku menyampaikan salam adikku untuknya yang telah lama ngefans sama Paman Tyo.

“Aku suka tulisannya yang mengalir, Bang,” kata adikku suatu kali. Ternyata adikku sudah lama kenal dengan paman Tyo dan ia sering membaca blognya paman yang berkumis itu.

Makanya, ketika malam itu saya tanyakan langsung kepada paman Tyo, bagaimana caranya membuat tulisan mengalir. Lalu dengan senyumannya yang khas, lalu ia bercerita. Cerita terhenti sesekali ia menelan suapan nasi yang dikunyahnya.

Menurut paman, kalau ingin tulisan kita mengalir tidak ada resepnya. Hanya saja kita harus mengambil ide itu dari yang kecil lalu kita tuliskan dan diperlebar dengan menambahkan informasi lain yang mungkin sangat penting untuk pembaca.

Salah satu contoh, kata Paman, kita ambil minuman. Terus kita tulis tu cerita tentang gelas. Semisal gelas ini adalah kosumsi pribadi. Kalau seseorang minum dengan gelas, sebaiknya orang lain tidak minum dengan gelas yang sama. Dikarenakan bisa saja bahteri akan menempel di bibir gelas yang berkemungkinan akan menularkan penyakit pada orang lain. Nah penyakit itu, bisa saja membuat orang terbunuh. Artinya berbagi gelas bisa saja membunuh kawan yang lain.

Masih cerita tentang gelas itu, bisa juga diceritakan bagaimana sejarah dan bagaimana gelas itu sampai ke tangan kita. Bisa juga dilihat nilai ekonominya dan nilai manfaatnya. Atau bisa jadi, gelas yang kita pakai merupakan sebuah hadiah dari seseorang yang sangat terkenal atau kita kagumi.

Begitulah caranya membuat sebuah tulisan yang mengalir dan menarik, jelas Paman Tyo. Benar-benar suatu obrolan yang sangat menarik dan penuh inspirasi. Sampai-sampai aku lupa mengambil minum. Ya, mudah-mudahan saja gelas yang aku pakai tidak gelas yang ada bahterinya karena bekas orang, seperti cerita Paman Tyo. Trimakasih Paman.

One thought on “Obrolan Meja Makan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.